PROFIL SEKOLAH
A. Identitas Madrasah
a. NSS : 112330713087
b. NSPN : 20307108
c. Jenis Sekolah : SD / MI
d. Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kejajar
e. Alamat Sekolah : Jln. Kauman No. 02 Kel. Kejajar Kec. Kejajar
f. Status : Swasta
g. Status Akriditasi : Terakriditasi B
h. Gugus Sekolah : Bima Lukar
i. Kata Gori Sekolah : Standar
j. Propinsi : Jawa Tengah
k. Kurikulum yang Digunakan : Kurikulum Satuan Pendidikan
B . Sejarah Berdirinya Madrasah
Sebelum Madrasah Ibtidaiyah Muhammmadiyah Kejajar berdiri , terlebih dahulu berdiri Madrasah Wajib Belajar ( MWB ) Muhammadiyah pada tahun 1955, dan sejak tanggal 20 Februari tahun 1957 MWB berubah nama menjadi MI Muhammadiyah Kejajar sampai dengan sekarang.
C. Renstra Madrasah
a. Visi dan Misi
1. Visi Sekolah :
“ UNGGUL DALAM PRESTASI BERAKHLAQ ISLAMI “
2. Misi Sekolah :
1. Melaksanakan pembelajaran dengan efektif, efesien sehingga siswa belajar maksimal sesuai dengan potensi siswa
2. menumbuh kembangkan semangat berprestasi secara terus menerus
3. Mendorang siswa memahami potens diri secara optimal
4. Menumbuh kembangkan sikap pribadi yang berakhlak Islamii
5. Menanamkan semangat penghayatan dan pengamalan ajaran Islam
6. Menumbuh kembangkan cinta terhadap kebudayaan bangsa yang selaras dengan ajaran Islam
7. Menungkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tututan masyarakat dan sesuai dengan perkembangan ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLAGI
8. Mengadakan kerja sama dengan pihak lain terutama masyarakat dan intansi terkait
3. Tujuan Madrasah
Tujuan yang hendak dicapai MI Muhammadiyah Kejajar adalah :
1. Meningkatkan Nilai hasil Ujian Akhir Sekolah berangsur-angsur dari rata-rata
a.6,00 menjadi 6,10 d. 6,75 menjadi 7,00
b.6,10 menjadi 6,50 e. 7,00 menjadi dst
c. 6,50 menjadi 6,75
2. Kelulusan ditargetkan : 100% setiap tahun.
3. Angka transisi / melanjutkan ke SLTP : 100% setiap tahun.
4. Memiliki Team Work yang solid.
5. Melaksanakan Evaluasi Diri ( Akreditasi ) tepat waktu
6. Ketahanan sekolah yang mantap.
7. Mewujudkan program penyelenggaraan pendidikan dasar yang lebih sesuai dengan konsep pendidikan berbasis keislaman.
8. Mewujudkan generasi muslim yang memiliki akhlakul karimah, iman dan taqwa
9. mewujudkan tamatan yang mampu bersaing pada jajaran pendidikan selanjutnya
10. mewujudkan tamatan yang memiliki kemampuan dan keterampilan baca tulis Al-Qu’ran
b. Strategi
a. Meningkatkan kedidiplinan semu apihak yang terkait dengan kelembagaan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kejajar.
b. Memberikan dorangan kepada semua guru untuk meningkatkan profesinalisme, melalui kuliah S.I yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.
c. Mensinergikan para guru dan karyawan agar memiliki etos kerja, dedikasi dan loyalitas yang mantap.
d. Memantau belajar siswa di madrasah maupiun di rumah
e. Memberikan dorongan untuk belajar dengan giat
f. Menyiapkan peserta didik sejak awal untuk persiapan dalam kegiatan akademik maupun non akademik.
g. Mengupayakan berprestasi dalam setiap even baik yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama maupun oleh Kementrian Pendidikan Nasional.
c. Kebijaksanaan
Dalam rangka mewujudkan target yang telah ditentukan sekolah menetapkan beberapa kebijaksanaan :
1.Manajemen Kepala Sekolah :
a. Bersama dewan guru menyusun rencana program jangke pendek, jangka menengah dan jangka panjang
b. Mendelegasikan tugas kepada Guru dan Karyawan secara proporsional
c. Melaksanakan tugas dan wewenang sesuai program yang telah digariskan
d. Melaksanakan evaluasi dan inovasi terhadap pelaksanaan program
e. Menyusun laporan secara berkala dan melaporkan kepada pihak berwenang (orang tua murid, Komite Sekolah, Majelis Dikdasmen, dan pemerintah)
2.Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Peningkatan disiplin warga sekolah
b. Menggunakan alokasi wakti secara efektif dan efisien
c. Menerapkan konsep pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan)
d. Peningkatan Sarana dan Prasarana PBM (buku pegangan guru, buku murid LKS dan Media Alat Peraga)
e. Menambah jam belajar siswa (les) sore hari
f. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
3.Tenaga Kependidikan dan Karyawan
a. Peningkatan kemampuan mengajar dengan upaya pembinaan secara rutin
b. Memotivasi para guru untuk meningkatkan kwalifikasi pendidikan dengan program study lanjut :
§ Guru berijazah Non Keguruan untuk menempuh pendidikan keguruan
§ Guru berijazah SMA, MAN, untuk mengikuti PGSD / D II
§ Guru berijazah PGSD / D II untuk menempuh program S - 1
c. Peningkatan kerjasama atas dasar ukhuwah islamiyah yang mantap.
d. Mensinergikan para guru dan karyawan agar memiliki etos kerja, dedikasi dan loyalitas yang mantap.
e. Menambah honorarium dan kesejahteraan lain dari sumber yang halal.
4.Peran serta partisipasi masyarakat (orang tua, komite dan masyarakat)
a. Membantu pengawasan terhadap kegiatan belajar siswa khususnya jam belajar diluar sekolah
b. Membantu penggalian sumber dana untuk realisasi RAPBS/RKAS tahun 2009/2010. Meningkatkan peran serta partisipasi masyarakat sebagai mediator dan mitra sekolah untuk mengatasi berbagai persoalan secara proporsional.
5. Lingkungan sekolah
a. memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
b. Meningktkan kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah dengan tamanisasi agar tercipta lingkungan yang kondusif
c. meningkatkan keamanan dengan memberdayakan Karyawan Penjaga Sekolah.
d. Program ( 1 tahun )
PROGRAM JANGKA PENDEK 1 TAHUNAN
TAHUN 2010/2011
A. RENCANA UMUM
Beberapa target yang hendak diwujudkan dalam tahun 2009/2010
1. Kurikuler :
a. Mengintensifkan kegiatan Proses Belajar Mengajar.
b. Sukses menyelenggarakan US I, US II dan UAS/UAS BN Tahun 2009/2010. Prestasi yang hendak dicapai :
Ø Rata-rata perolehan nilai siswa US I : 7,00
Ø Rata-rata perolehan nilai siswa US II : 7,50
Ø Rata-rata perolehan nilai siswa UAS/UASBN sesuai SKBM : 6,00
2. Ekstra Kurikuler :
Sukses mengikuti kegiatan Pekan Olah Raga Pelajar dan Pemuda Daerah.
Prestasi yang hendak dicapai :
Lolos ke Tingkat kabupaten untuk beberapa Cabang :
Ø Akademik
1. Lomba Cerdas Cermat Mapel.Umum
2. Lomba Mata Pelajaran (IPA, MATEMATIKA, B. INDONESIA ).
3. Lomba Siswa Berprestasi
4. Lomba Olympiade Matematika dan IPA.
Ø Non Akademik
1. Lomba Cabang Seni Lukis
2. Lomba Cabang Seni Baca Puisi
3. Lomba Cabang Atletik (Khusus Lari Putra)
3. Peningkatan Kesejahteraan dan Kinerja Tenaga Kependidikan (Guru dan Karyawan)
4. Peningkatan Sarana dan Prasarana :
a. Pengadaan beberapa buku pegangan guru
b. Pengadaan beberapa media (alat peraga) dan alat olah raga
c. Mengajukan Proposal usulan penambahan Fisik gedung.
d. Pengadaan Komputer dan ruang kerja komputer.
5. Menyelenggarakan Akreditasi (Evaluasi Diri)
6. Peningkatan peran partisipasi orang tua, wali murid, masyarakat dan komite sekolah.
7. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif
B. FOKUS KEGIATAN
Dalam rangka mewujudkan target yang telah ditentukan sekolah menetapkan beberapa kebijaksanaan :
6.Manajemen Kepala Sekolah :
a. Bersama dewan guru menyusun rencana program jangke pendek, jangka menengah dan jangka panjang
b. Mendelegasikan tugas kepada Guru dan Karyawan secara proporsional
c. Melaksanakan tugas dan wewenang sesuai program yang telah digariskan
d. Melaksanakan evaluasi dan inovasi terhadap pelaksanaan program
e. Menyusun laporan secara berkala dan melaporkan kepada pihak berwenang (orang tua murid, Komite Sekolah, Majelis Dikdasmen, dan pemerintah UPTD dan Depag )
7.Kegiatan Belajar Mengajar :
g. Peningkatan disiplin warga sekolah
h. Menggunakan alokasi wakti secara efektif dan efisien
i. Menerapkan konsep pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan)
j. Peningkatan Sarana dan Prasarana PBM (buku pegangan guru, buku murid LKS dan Media Alat Peraga)
k. Menambah jam belajar siswa (les) sore hari
l. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
8.Tenaga Kependidikan dan Karyawan
a. Peningkatan kemampuan mengajar dengan upaya pembinaan secara rutin
b. Memotivasi para guru untuk meningkatkan kwalifikasi pendidikan dengan program study lanjut :
§ Guru berijazah Non Keguruan untuk menempuh pendidikan keguruan
§ Guru berijazah SMA, MAN , untuk mengikuti S. I PGSD/MI / D. IV
§ Guru berijazah PGSD/MI / D II untuk menempuh program S - 1
c. Peningkatan kerjasama atas dasar ukhuwah islamiyah yang mantap.
d. Mensinergikan para guru dan karyawan agar memiliki etos kerja, dedikasi dan loyalitas yang mantap.
e. Menambah honorarium dan kesejahteraan lain dari sumber yang halal.
9.Peran serta partisipasi masyarakat (orang tua, komite dan masyarakat)
c. Membantu pengawasan terhadap kegiatan belajar siswa khususnya jam belajar diluar sekolah
d. Membantu penggalian sumber dana untuk realisasi RAPBS/RKAS tahun 2010/2011.
e. Meningkatkan peran serta partisipasi masyarakat sebagai mediator dan mitra sekolah untuk mengatasi berbagai persoalan secara proporsional.
10. Lingkungan sekolah
d. memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
e. Meningktkan kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah dengan tamanisasi agar tercipta lingkungan yang kondusif
f. meningkatkan keamanan dengan memberdayakan Karyawan Penjaga Sekolah.